Bibit Kelapa Sawit Bersertifikat Mulai Dipasarkan Di Riau

with No Comments

Pile of palm oilDalam upaya mengantisipasi beredarnyabibit kelapa sawit palsu, maka belum lama ini Disbun Pelalawan melakukan operasi pasar bibit kelapa sawit. Operasi bibit kelapa sawit ini dilakukan dengan menyediakan bibit kelapa sawit asli bersertifikat yang harganya cukup terjangkau bagi petani kelapa sawit.

Penangkaran bibit kelapa sawit ini ditempatkan di pusat penangkaran bibitsawit desa Sorek II kecamatan Pangkalan Kuras, Riau. Kepala Bidang Produksi Disbun Pelalawan Ir Guruh Subagio kepada Riau Pos, Sabtu (3/4) mengatakan, bagi masyarakat yang ingin membeli bibit sawit, dapat mengunjungi lokasi penangkaran. Guruh juga mengatakan, bahwa saat ini ada puluhan ribu bibit jenis tenera bersertifikat yang siap dipasarkan. Sebagian di antaranya adalah bibit kelapa sawit keluaran Pusat PenelitianKelapa Sawit (PPKS) Medan, Sumut dan bibit keluaran Topaz, kelompok usaha Asian Agri di Petapahan, Kampar, Riau.
β€˜β€™Namun demikian, pelayanan kita lebih difokuskan untuk kalangan petani, bukan untuk perusahaan maupun perkebunan berskala besar,’’ katanya lagi. Penangkaran kali ini sudah dimulai sejak dimulai pada tahun 2006 lalu dan ini merupakan periode ketiga. β€˜β€™Bibit-bibitkelapa sawit bersertifikat yang berhasil kami tangkarkan merupakan hasil keluaran PPKS dan Topaz. Program ini ditujukan dalam upaya membantu petani kelapa sawit dalam mendapatkan bibit kelapa sawit hasil pemuliaan lembaga pelitian yang diakui pemerintah,’’ jelas Guruh lagi.
Lebih jauh Guruh jelaskan, seringkali masyarakat petani kelapa sawit menjadi korban peredaran bibit palsu. Dengan harga yang murah ditambah penampilan pohon bibit sawit yang menarik, bibit sawit palsu pernah menjadi incaran para petani untuk dibudidayakan. Namun mereka tidak tahu, bibit palsu pada usia panen di atas sepuluh tahun, kelemahannya mulai ketahuan. Produktivitas hasil kebun dari bibit palsu sangat lah rendah. Oleh sebab itu, berkaca dari pengalaman tadi maka pemerintah Kabupaten Pelalawan malaksanakan program pembinaan penakar bibit sawit bersertifikat,’’ jelasnya lagi.***